WAWANCARA PENGUSAHA SUKSES

Posted by Unknown on Selasa, 27 Maret 2012

USAHA RUMAH MAKAN MASAKAN PADANG

Rumah makan masakan padang adalah salah satu jenis restoran yang menyediakan menu yang sepesifik, rasa masakan padang sangat cocok dengan rata-rata selera lidah orang indonesia. Selain rasanya enak, beberapa jenis masakan juga terkenal awet sehingga menghemat bahan baku dan waktu memasak.

Dan kali ini saya akan wewawancarai salah seorang pemilik restoran masakan padang yang menjajal bisnis di pulau jawa, tepatnya di jalan supriadi no 51 ngoro jombang, dengan no telepon 0321 711324. Dan restoran ini dinamakan Rumah Makan Takana Juo.

Ø Saya : Bu, saya mendapat tugas untuk mewawancarai seorang pengusaha bolehkah saya mewawancarai Ibu?

Ø Saya : siapa nama Ibu?

v Pemilik : nama saya Ibu indah.

Ø Saya : apakah Ibu sendirian berjualan disini ?

v Pemilik : tidak, saya dulu dibantu Ibu mertua saya, tetapi sekarang saya sudah mempercayai teman saya untuk membantu saya.

Ø Saya : berapa keuntungan Ibu per hari ?

v Pemilik : sekitar Rp. 400.000 tapi itu belum bersihnya?

Ø Saya : bagaimana keadaan pembeli saat pertama didirikan?

v Pemilik : Emm … jelas masih sepi, karena orang – orang sini belum banyak tahu. Apalagi disini masyarakatnya jarang sekali mengenal masakan padang.

Ø Saya : kapankah restoran ini mulai maju ?

v Pemilik : setelah 2 Bulan didirikan.

Ø Saya : bagaimana cara anda untuk menarik masyarakat menjadi pelanggan anda ?

v Pemilik : pertama kali itu saya menjualnya dengan harga murah, lalu yang kedua dengan meminta tolong pada rekan-rekan saya untuk mempromosikan tempat ini dan yang ketiga adalah dengan pelayanan yang baik dan berdoa

Ø Saya : berapa banyak meja yang tersedia disini?

v Pemilik : dulu hanya warung kecil, belum ada tempat duduk apalagi meja, mungkin hanya kursi panjang di depan warung tapi alhamdulillah sekarang sudah memiliki 7 (tujuh) meja.

Ø Saya : ada berapa banyak aneka makanan disini ? dan apa saja?

v Pemilik : sekitar 10 ada rendang, ayam kalasan, ayam kepala sambal, udang, ikan laut, kikil, otak, rempelo ati, kare ikan.

Ø Saya : semua masakan ini bisa saja kan dimasak dimana saja, lalu apa yang merupakan ciri khas masakan padang ini?

v Pemilik : dari daun singkong, bumbunya, dan yang tidak ketinggalan adalah sambal hijaunya.

Ø Saya : misalkan dimasa depan saya akan membuka usaha sendiri, bagaimana memulai usaha tersebut?

v Pemilik : Bukalah usaha ini ditempat yang strategis, banyak orang lalu lalang, di pinggir jalan raya yang cukup banyak kendaraan lewat. Tempatnya tidak usah terlalau besar dulu, sesuaikan dengan modal dan toleransi anda menhadapi resiko usaha. Cukup kecil kecilan dulu misalnya hanya dengan ukuran 3 x 7 m atau 3 x 5 m pun bisa (sedikit tempat parkir penting juga). Jangan lupa memberi nama yang mudah dikenal dan mudah di ingat orang pada usaha rumah makan anda.

Ø Saya : berhubung usaha ini dari modal nol, bagaimana sebaiknya Bu ?

v Pemilik : usaha masakan padang juga sangat sensitif terhadap rasa, karena itu penting sekali ada tukang masakan yang betul betul ahli di bidangnya. Juallah masakan yang terbaik dan bermutu tinggi. Jan coba coba membuka rumah makan jika tidak ada juru masak yang hebat masakannya. Sebaiknya anda lakukan beberapa kali percobaan tentang enak tidaknya masakan yang akan aijual dengan melibatkan beberapa orang sebagai “konsumen”. Setelah mereka semua menyatakan enak anda baru boleh membukanya.

Ø Saya : ooooo ……begitu! Baiklah Bu, semoga wawancara ini bisa menjadi ilmu saya di masa depan dan menjadi modal saya untuk berbisnis. Demikian wawancara ini saya ucapkan terima kasih

v Pemilik : iya sama-sama

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar