PERSAUDARAAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Posted by Unknown on Rabu, 26 Oktober 2011

PERSAUDARAAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM

a. Pendahuluan

Dalam makalah ini penulis diberi tugas studi Pendidikan Ketarbiyahan untuk membahas Persaudaraan dalam hadis sumber pedoman kedua agama islam . Tak terlepas dalam proses belajar, penulisan makalah ini masih banyak kekurangan baik dari pendekatan penelitian, bahasa penulisan, keilmuan, karna penulis menyadari masih dalam obyektifitas batas kemampuan penulis yang banyak membutuhkan penyempurnaan.

Pemahaman seseorang terhadap suatu masalah bukan hanya ditentukan oleh tingkat kecerdasannya, tapi juga oleh latar belakang pendidikanya, tingkat pengetahuan dan pengalaman, serta kemampuanya memetik buah dari peristiwa-peristiwa yang lalu, masa kini dan penemuan-penemuan ilmiah. Selama hasil pemikiran kita tentang ayat Al-Qur’an tidak menyimpang dari dasar-dasar agama kita, kaedah-kaedah bahasa serta memenuhi persyaratan-persyaratan yang ditetapkan oleh ijma ( persepakatan ) ulama’, maka pemahaman tersebut dapat dikatogorikan dalam ijtihad yang dibenarkan.

Inilah kesadaran penulis yang masih dalam proses belajar dimana pengetahuan penulis masih sedikit, amatlah berat untuk mengkaji persaudaraan dalam pendidikan islam walaupun disadari banyaknya buku yang menulis tentang tema persaudaraan yang tak terlepas dari pemikiran seorang penulis buku dalam mengartikan persaudaraan. Kesempatan yang teramat bagus dalam menyajikan makalah ini di bimbing oleh seorang ahli dalam bidang pendidikan islam yaitu Prof. Dr. H. Ahmad Zahro, MA, berharap dapat membetulkan kekeliruan dalam penulis makalah ini.

Penulis merasa berat dalam menyajikan makalah dalam judul persaudaran dalam islam dikarenakan dengan melihat banyaknya fenomena di Negara kita maupun di luar Negara , baik sesama muslim ataupun non muslim sering terjadinya fenomena yang menjadi sorotan oleh para pakar ahli islam dan non islam tentang arti persaudaraan. Dapat kita lihat banyaknya para pakar yang membahas, mengkaji masalah persaudaraan, fenomena kekerasan ataukah perjuangan islam seperti yang dilakukan oleh gerakan From Pembela Islam, Fenomena Aliran sesat ataukah tidak sesat, seperti Sunni – Syiah yang berseteru, gerakan Hisbu tahrir yang beranggapan memperjuangkan tegaknya khalifah islam , Ahmadiah, dan la LDII,, dan lain – lain, Dalam tubuh luar antara islam dan non islam seperti genjatan senjata di palestina, terorisme yang mengatasnamakan islam, perselisihan pembuatan rumah peribadatan bagi non muslim di Negara kita yang notabenya islam. Larangan memakai jilbab di perancis. Yang lebih parah lagi ada buku dengan judul agama sumber konflik, Ini adalah kajian yang menarik untuk di bahas dalam dunia akademik pendidikan keislaman. Memang banyak penawaran oleh para pakar Teologi dalam misinya menciptakan Perdamaian yang tak terlepas dari buah pemikiran pada diri seorang pakar, yang masih terbuka banyak penafsiran. Apakah ini berarti ancaman kegagalan pendidikan islam di Negara kita ataukah tantangan dalam menghadapi adanya permasalahan terpecah belahnya Umat manusia?

Terlebih dahulu penulis rumuskan kajian yang akan dibahas, yaitu: .

1. Bagaimanakah konsep persaudaraan di tinjau dari hadis sumber pedoman kedua umat islam ?

2. Aplikasi dan pengaruh konsep persaudaraan dalam islam terhadap realitas kehidupan ?

b. Pembahasan

a. Konsep Persaudaraan dalam Islam

Bersumber dari Suwaid ibn Hanzhalah, katanya : Kami keluar mencari dan ingin menemui Rasulullah Saw. Kami membawa Wail ibn Hujr, lalu ia diserang oleh musuhnya. Dan tidak seorang pun yang berani bersumpah untuk membantu dan membelanya, maka akulah yang bersumpah untuk membantu dan membelanya, maka akulah yang bersumpah bahwa Wail ibn Hujr itu adalah saudaraku, sehingga orang yang menyerangnya itu meninggalkannya. Kemudian setelah itu, datanglah Rasulullah Saw. Dan aku menceritakan kronologi peristiwa itu kepada Beliau . Kemudian setelah itu, Rasulullah Saw. Bersabda, engkau benar, seorang muslim itu adalah besaudara dengan sesama muslim lainya (as-Suyuthi, 1416 H )[1].

عن سويدبن حنظلة قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم المسلم أخوالمسلم ( رواه ابن ماجه )

“ Diriwayatkan dari Suwaid ibn Hanzhalah, ia berkata, Rasulullah saw. Bersabda : “ seorang muslim adalah bersaudara dengan sesama muslim lainya. ( HR. Ibnu Majah ) (Ibnu Majah, ) [2]
UNTUK LEBIH LENGKAPNYA SILAHKAN DOWNLOAD DISINI


More aboutPERSAUDARAAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM

PROPOSAL IZIN MENDIRIKAN MADRASAH DINIYAH

Posted by Unknown

PROPOSAL

IZIN MENDIRIKAN

MADRASAH DINIYAH














MADRASAH DINIYAH MAJELIS ILMI

PONDOK PESANTREN TEBUIRENG

Nomor : 20/A-1/MADIN/MI/TBI/III/’08 Jombang, 31 Maret 2008

Lamp : 1 ( SATU) BENDEL

Perihal : PERMOHONAN IZIN MENDIRIKAN MADRASAH DINIYAH( MADIN )

Kepada Yang Terhormat,

Bapak Kakandepag Kabupaten Jombang

Di,-

Jombang

Assalamu’laikum Wr. Wb.

Dengan ini kami yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Bagian Madrasah Diniyah Majelis Ilmi Pondok Pesantren Tebuireng Jombang mengajukan permohonan kepada Bapak Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Jombang agar sudi kiranya untuk memberikan izin legalitas berdirinya Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Tebuireng.

Adapun madrasah tersebut kami beri nama Madrasah Diniyah Majelis Ilmi yang dikelola dengan cara semi – tradisonal yang disesuaikan.

Sebagai bahan pertimbangan, kami lampirkan beberapa hal sebagai berikut:

1. Proposal pendirian madrasah yang memuat :latar belakang, landasan hukum, tujuan penanggung jawab. tempat kedudukan dan sumber dana.

2. Daftar riwayat hidup kepala bagian madrasah.

3. Daftar susunan kepengurusan lembaga.

4. Akte notaris pendirian lembaga.

5. Daftar karyawan dan guru.

6. Daftar kurikulum/mata pelajaran.

7. Foto copy akte tanah.

8. Foto copy ijazah guru.

9. Jumlah siswa.

10. Daftar inventaris.

Demikian permohonan ini kami sampaikan. Atas perkenan Bapak memberikan izin kepada kami, tak lupa kami sampaikan terima kasih teriring doa “Jazakumulloh Ahsanal Jaza.“

Wassalam ‘mualaikum Wr. Wb.

Kepala Bagian Madrasah Diniyah

Umbaran S.HI

Mengetahui

Pengasuh Pesantren Tebuireng

Ir. KH Salahuddin Wahid.

PROPOSAL

IZIN OPERASIONAL MENDIRIKAN MADRASAH DINIYAH

MAJELIS ILMI PONDOK PESANTREN TEBUIRENG

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM

1. Latar Belakang

Sejarah kehidupan yang dibangun manusia telah menghasilkan peradaban, kebudayaan dan tradisi sebagai wujud karya dan karsa dalam memenuhi kebutuhan dan tuntutan hidup yang dihadapi. Seiring dengan waktu kemajuan peradaban dan kebudayaan dewasa ini telah memberikan akibat langsung pada perubahan sosial dan dinamika masyarakat. Dan disadari atau tidak intensitas dinamika sosial tersebut telah melahirkan aneka ragam persoalan dan permasalahan yang membutuhkan jawaban serta penanganan segera, tak terkecuali problem yang bersentuhan langsung dengan dunia pendidikan.

Diakui maupun tidak alur pendidikan dewasa ini sudah dalam tahap mengkhawatirkan. Lahirnya teori pemisahan antara ilmu umum dengan ilmu agama dinilai justru menjerumuskan anak didik pada pemahaman dan pemilahan ilmu. Sehingga bila sebuah pilihan telah dipilih maka ia justru akan mengorbankan pada pilihan yang lain yang pada akhirnya menghantarkan generasi ke depan menjauh dari ajaran-ajaran agama yang sebenarnya sudah ia anut sejak lahir.

Di sinilah tantangan kaum pendidik untuk melakukan langkah terobosan-terobosan demi terciptanya generasi muda yang memiliki mentalitas seimbang antara kecerdasan intlektual dan kecerdasan mental spiritual

Dalam rangka menciptakan keseimbangan itulah Pondok Pesantren Tebuireng membentuk Madrasah Diniyah. Pilihan semi klasikal ini dimaksudkan tidak hanya untuk mempertahankan sistem pendidikan hasil ijtihad para ulama yang telah terbukti sukses melahirkan jutaan kader potensial tetapi juga untuk mengembangkan dan menyempurnakan khazanah keilmuan kontemporer sesuai dengan tuntutan zaman.

2. Landasan Pendirian

a. Amanat Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam upaya ikut mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara.

  1. Garis–Garis Besar Haluan Negara yang memuat visi dan misi pembangunan nasonal.
  2. UU No. 17 Tahun 2007 Tentang RPJP.

3. Jenis Kegiatan

Adalah kegiatan pendidikan Madrasah Diniyah Majelis Ilmi Pondok Pesantren Tebuireng dengan akte notaris : Bazron Humam SH. No. 27 tanggal 18-September-1990 M.

UNTUK LEBIH LENGKAPNYA SILAHKAN DOWLOAD DISINI


More aboutPROPOSAL IZIN MENDIRIKAN MADRASAH DINIYAH

ANTARA PSIKOLOGI PERKEMBANGAN DAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Posted by Unknown

ANTARA PSIKOLOGI PERKEMBANGAN

DAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN

A. Pendahuluan

Sejarah mencatat psikologi perkembangan telah dikaji, ditelah oleh para pakar psikologi dalam memberikan pengertian sebagai disiplin ilmu yang mempunyai metodologis yang sistematis dalam artian memiliki tahapan-tahapan tertentu untuk mencapai hasil tertentu sesuai harapan ilmu tertentu. Dalam memperoleh hasil dari suatu kajian, pastinya para pakar khususnya bidang psikologi di pengaruhi oleh wawasan pemikiran berupa latar belakang pendidikan, tingkat kecerdasan, kondisi sosial budaya yang ada pada diri pakar psikologi dalam menyusun suatu konsep.

Dengan demikian kelompok kami bermaksud menelaah kajian psikologi perkembangan yang diarahkan pada tema pembahasan “ Antara Psikologi Pendidikan Dan Psikologi Perkembangan ” meliputi:

a. Psikologi perkembangan.

b. Ruang lingkup kajian psikologi perkembangan,

c. Prinsip - prinsip utama dalam psikologi perkembangan,

d. Manfaat psikologi perkembangan dalam studi psikologi pendidikan

Teorisasi yang kami ambil dalam membuat makalah ini meliputi konsep pengertian psikologi perkembangan, Ruang lingkup kajian psikologi perkembangan, Prinsip - prinsip utama dalam psikologi perkembangan, manfaat psikologi perkembangan dalam studi psikologi pendidikan. dalam konsep pengertian psikologi perkembangan kami melihat teori Abdul Majib, M.Ag, dalam bukunya Nuansa – Nuansa Psikologi dan teori – teori para pakar psikologi dan ruang lingkup psikologi perkembangan adalah teori kognitif dan teori psikodinamik, dengan di hubungkan bentuk dari psikologi perkembangan berupa perubahan psikis terdapat penggolongan antara perubahan psikis yang masuk dalam katagori kognitif dan perubahan psikis yang masuk dalam katagori psikodinamik melihat konsep desmita ( pendidikan S2, bidang Psikologi Perkembangan, Unpad Bandung ) dan Prinsip - prinsip utama dalam psikologi perkembangan melihat teori Syamsu Yusuf dan manfaat psikologi perkembangan dalam studi psikologi pendidikan melihat banyak beberapa teori. semuanya itu sebagai konsep – konsep yang bersifat umum, akan tetapi memiliki sifat khusus sebagai landasan berfikir kami dalam menyusun makalah ini dengan maksud merekontruksi konsep pemikiran mengenai psikologi perkembangan dengan cara melakukan klasifikasi, katagori pokok – pokok sehingga dapat di susun makalah ini.

Tak terlepas dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan baik dari pendekatan penelitian, bahasa penulisan, keilmuan, karna kami menyadari masih dalam obyektifitas batas kemampuan kami yang banyak membutuhkan penyempurnaan.

B. Pembahasan

a. Pengertian Psikologi Perkembangan

Psikologi dari bahasa yunani kuno psyche dan logos, psyche artinya jiwa dan logos artinya kata. Jadi dalam arti bebas psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa/mental. psikologi tidak mempelajari jiwa/mental secara keseluruhan karena sifatnya yang abstrak, tetapi psikologi membatasi pada manifestasi dan ekspresi dari jiwa/mental tersebut yakni berupa tingkah laku dan proses atau kegiatanya, sehingga psikologi dapat didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku dan proses mental. Psikologi adalah ilmu yang luas dan ambisius, dilengkapi oleh biologi dan ilmu saraf pada perbatasanya dengan ilmu alam dan dilengkapi oleh sosiologi dan antropologi pada perbatasanya dengan ilmu social.[1]

Ahli ilmu khususnya ahli bidang psikologi terhadap pertanyaan “ apakah perkembangan itu” mempunyai jawaban yang berbeda-beda, akan tetapi betapapun berbeda-beda jawaban para ahli psikologi , namun semuanya mengakui bahwa perkembangan itu adalah suatu perubahan, perubahan kearah yang lebih maju, lebih dewasa. Secara teknis , perubahan tersebut biasanya disebut proses. Jadi pada garis besarnya para ahli sependapat, bahwa perkembangan itu adalah suatu proses. Suatu denifisi yang relevan dikemukakan oleh Monks bahwa perkembangan psikologis merupakan suatu proses yang dinamis , dalam proses tersebut sifat individu dan sifat lingkungan menentukan tingkah laku apa yang akan menjadi aktual dan terwujud .[2]

Dari kedua pengertian tersebut ( psikologi dan perkembangan ) menurut hemat kami bahwa psikologi perkembangan adalah salah satu bidang ilmu jiwa yang memfokuskan kajian mengenai perubahan tingkah laku dan proses perkembanganya terhadap diri manusia dari masa permulaan sampai masa akhir yang didalam setiap masa memiliki karakteristik tertentu.

Untuk lebih terarah kita lihat pendapat beberapa pakar ahli bidang psikologi :

1. Samsunuwiyati mendenifisikan psikologi perkembangan adalah cabang dari psikologi yang mempelajari secara sistematis perkembangan perilaku manusia secara ontogenetik, yaitu mempelajari proses – proses yang mendasari perubahan – perubahan yang terjadi didalam diri, baik perubahan didalam struktur jasmani, perilaku, maupun fungsi mental manusia sepanjang rentang hidupnya ( life-span ), yang biasanya dimulai sejak konsepsi hingga menjelang mati.[3]

2. Alisuf Sabri mendenifisikan psikologi perkembangan adalah suatu ilmu yang merupakan bagian dari psikologi. Dalam ruang lingkup psikologi, ilmu ini termasuk psikologi khusus, yaitu psikologi yang mempelajari kekhususan dari pada tingkah laku individu.[4]

b. Ruang Lingkup Kajian Psikologi Perkembangan

Ruang lingkup adalah batasan, isi dari suatu bahasan. Dalam hal ini dihubungkan dengan psikologi perkembangan. Psikologi perkembangan menurut denifisinya, hemat kami terdapat satu kunci yang menjadi bahasan utama, ruang lingkup kajian yaitu perubahan tingkah laku dalam proses perkembangan manusia,

Perubahan dalam diri manusia terdiri atas dua macam yaitu perubahan fisik dan perubahan psikis, meminjam istilah Abdul Majib adalah perubahan kualitatif ( perkembangan psikis ) dan perubahan kuantitatif ( pertumbuhan fisik )[5].

Dalam psikologis perkembangan perubahan psikis lebih diarahkan karna berhubungan dengan jiwa yang mempunyai sifat abstrak ( tidak terlihat secara materi ) walaupun disadari perubahan fisik sedikit banyak berkorelasi dengan perubahan psikis.

Realita menjawab bahwa setiap perubahan psikis memiliki karakteristik tertentu karna sifatnya yang berubah dari tahap satu ketahap yang lain, dan perubahan psikis dalam bentuknya yang terdiri dari beberapa perkembangan tidak terjadi secara bersamaan adanya perubahan psikis, melainkan melihat perubahan fisik sebagai tolak ukur adanya salah satu dari perkembangan psikis lebih dahulu membangun perubahan dalam tahap perubahan fisik. Seperti tahapan perubahan fisik pada anak di bawah 3 tahun mempunyai karakter perkembangan psikis ( perubahan tingkah laku ) adalah perkembangan bahasa.
UNTUK LEBIH LENGKAPNYA SILAHKAN DOWNLOAD DISINI


[1] Drs. H. Abu Ahmadi, dkk, Psikologi Belajar, Jakarta, Reneka Cipta, 2004,h,1.

[2] Dr.f.J.Monks,Dr.A.M.P.Koers, Ontwikkelings Psychologie Inleiding Tot De Verschillende Deelgebieden, alih bahasa Siti Rahayu Haditomo, Psikologi Perkembangan Pengantar Dalam Berbagai bagianya, yokyakarta, Gajah Mada University Press, 2006, h 2.

[3] Prof. Dr. H. Samsunuwiyati Mar’at, S.Psi dalam Desmita, Psikologi perkembangan, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2005: 3.

[4] Drs. M. Alisuf Sabri, Pengantar Psikologi Umum dan Perkembangan, Jakarta, CV. Pedoman Ilmu Jaya, 2001, , hlm. 133. Diedit dalam http://antoniyuzar.wordpress.com

[5] Abdul Majib, M.Ag, Nuansa – Nuansa Psikologi, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2002: 92. Hemat kami Istilah perkembangan dalam psikologi merupakan sebuah konsep yang komplek, menurut bahasa perkembangan mempunyai persamaan dengan konsep lain yang terkandung di dalam artinya yaitu pertumbuhan, kematangan, dan perubahan, lihat lebih lanjut . Desmita, Psikologi Perkembangan, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2005. Drs. Sumadi Suryabrata, Ed.S, Ph.D, MA, Psikologi Pendidikan, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada, 1998.

More aboutANTARA PSIKOLOGI PERKEMBANGAN DAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN

REORIENTASI INOVASI PEMBELAJARAN PAUD BERBASIS KARAKTER

Posted by Unknown

REORIENTASI INOVASI PEMBELAJARAN PAUD BERBASIS KARAKTER

Disajikan dalam Seminar Nasional

Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran PAUD Berbasis Karakter

Program Pascasarjana IKAHA Jombang

Minggu, 29 Mei 2011

Prof. Dr. Mohammad Efendi, M. Kes

JURUSAN KEPENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DAN PRASEKOLAH FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG 2011


REORIENTASI INOVASI PEMBELAJARAN

BERBASIS KARAKTER

Mohammad Efendi (Staf Pengajar FIP dan PPs - Universitas Negeri Malang, 2011)

Tawuran bukan saja monopoli orang dewasa. Perang massal pun sudah menjangkiti murid sekolah dasar, seperti yang terjadi di daerah Latumaten, Jakarta Barat. Tawuran sesama pelajar yang masih bercelana pendek itu berlangsung sengit. Tak cuma menggunakan batu dan balok sebagai senjata, Informasi yang didapat Metro TV, tawuran dipicu masalah sepele. Mereka saling ejek (Metrotvnews.com, 24 April 2010). Di Banyuwangi, gara-gara terpengaruh film porno yang sering ditontonnya, seorang siswa SD mencoba mempraktekan perbuatan terlarang itu ke bocah yang masih duduk di bangku TK (okezone.com, 11 November 2008). Oknum Ibu Guru kepala TK Batanghari, Lampung Timur, digerebek sedang bercumbu mesra dengan teman selingkuhnya yang masih berondong di sebuah kontrakan, Kecamatan Metro Selatan (Pos KOTA. 25 Oktober 2010). Panorama lain, Kasus pembunuhan dan kekerasan di kampus pamongpraja di Sumedang yang begitu menghentak kesadaran publik yang pelakunya diganjar ringan. Kekerasan juga terjadi dalam dunia pendidikan di Madura terhadap siswa Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Sumenep, menjadi bulan-bulanan dua orang Kepala Sekolah sampai tak sadarkan diri hingga harus dirawat di Puskesmas (Kompas, 4 Juni 2008). Terakhir foto bugil milik seorang ibu guru di Banyuwangi, beredar luas melalui ponsel (Surya, 18 Nopember 2009).

Cuplikan peristiwa di atas merupakan potret kelabu dunia pendidikan kita saat ini. Kasus-kasus tersebut merupakan fenomena “gunung es”, di mana faktanya justeru lebih besar daripada apa yang dapat di tangkap dan dilaporkan. Fenomena tersebut bisa jadi sebagai refleksi bahwa pendidikan moral dan budi pekerti di kalangan siswa perlu mendapatkan perhatian serius, untuk mencegah efek domino yang lebih besar.

Berangkat dari peristiwa tersebut, timbul pertanyaan besar “Apa makna di balik sejumlah kasus buram tersebut?”. Secara tidak langsung, serangkaian persitiwa penyimpangan yang mewarnai dunia pendidikan kita dapat menjadi indikasi, bahwa secara kolektif maupun individual bangsa ini mengalami pelemahan karakter sebagai bangsa yang bermartabat mulia, selain karena lemahnya sistem. Seiring dengan maraknya persitiwa besar lainnya, bangsa ini makin terpuruk dan mulai kehilangan rasa malu dan kehormatan yang selama ini telah mewarisi tradisi besar (the great tradition) sebagai bangsa yang toleran, ramah, religius sebagaimana melekat dalam kepribadian bangsa. Dalam kontek yang lebih spesifik selaku komunitas atau warga negara, bangsa ini telah kehilangan karakter jati diri yang kuat dan berstandar moralitas yang kokoh.

Apakah hal ini sebagai akibat bahwa pendidikan kita saat ini tengah mengalami penyempitan makna?. Sebab pada praktiknya, pendidikan kita masih terfokus membentuk pribadi cerdas individual semata, bukan pribadi yang paripurna. Padahal, idealnya pendidikan juga berkontribusi pada pembentukan karakter bangsa atau hal yang menjadi identitas kolektif bangsa(Kompas, 8 Mei 2009). Dalam sistem pendidikan nasional jelas tertuang bahwa tujuan pendidikan selain membentuk siswa terampil dan cerdas, juga harus beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, mandiri, kreatif, supaya menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

UNTUK LEBIH LENGKAPNYA SILAHKAN DOWNLOAD DISINI
More aboutREORIENTASI INOVASI PEMBELAJARAN PAUD BERBASIS KARAKTER