RPP Bahasa Inggris

Posted by Unknown on Selasa, 28 Juni 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP )

Lesson 6 How do you like it ?

Sekolah :

Kelas/ Semester :

Mata Pelajar : Bahasa Inggris

Standar Kompetensi :

Mendengarkan

5. Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana baik dengan tindakan maupun bahasa dalam konteks sekitar peseta didik.

Berbicara

6. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik.

Kompetensi Dasar :

Mendengarkan dan Berbicara

5.1 Merespons instruksi dan informasi sangat sederhana baik dengan tindakan maupun bahasa secara berterima di dalam dan luar kelas.

5.2 Memahami cerita lisan sangat sederhana dengan bantuan gambar

6.1 Bercakap – cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur : memberi contoh melakukan sesuatu, member aba – aba, dan memberi petunjuk.

6.2 Bercakap – cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur ; meminta bantuan, member bantuan, meminta barang, dan memberi barang.

6.4 Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan : Would you please … dan May I……

untuk lebih lengkapnya silahkan DOWNLOAD link DISINI

More aboutRPP Bahasa Inggris

MAKALAH PENDIDIKAN DAN KEWARGANEGARAAN HAK DAN KEWAJIBAN MASYARAKAT

Posted by Unknown

MAKALAH PENDIDIKAN DAN KEWARGANEGARAAN

HAK DAN KEWAJIBAN MASYARAKAT













DISUSUN OLEH:

EVI RATNA FURI

2 DB 17

MANAJEMEN INFORMATIKA

UNIVERSITAS GUNADARMA

KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga penyusunan makalah ini dapat diselesaikan.

Makalah ini saya susun sebagai tugas dari mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan dengan judul “ Hak dan Kewajiban Masyarakat berdasarkan UUD 1945”.

Terima kasih saya sampaikan kepada Bapak Emiliansyah Banowo selaku dosen mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan yang telah membimbing dan memberikan kuliah demi lancarnya terselesaikan tugas makalah ini.

Demikianlah tugas ini saya susun semoga bermanfaat, dan dapat memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan.

Jakarta, 17 Februari 2010

Evi Ratna Furi

Penulis


HAK dan KEWAJIBAN warga Negara dalam UUD 1945 Bab X

Pasal 26 – 30

· Pasal 26 ayat 1 yang menjadi warga Negara adalah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang sebagai warga Negara pada ayat 2, syarat –syarat mengenai kewarganegaraan ditetapkan dgn undang-undang.

· Pasal 27 ayat 1 bahwa segala warga Negara bersamaan kedudukan nya didalam hukum dan pemerintahan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya. Pada ayat 2 disebutkan bahwa tiap-tiap warga Negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.

· Pasal 28 disebutkan bahwa kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dgn lisan dan sebagainya ditetapkan dgn undang-undang.

· Pasal 30 ayat 1 bahwa hak dan kewajiban warga negara untuk ikut serta dalam pembelaan negara dan ayat 2 mengatakan pengaturan lebih lanjut diatur dengan UU.

Pengertian dan Definisi HAM :

HAM / Hak Asasi Manusia adalah hak yang melekat pada diri setiap manusia sejak awal dilahirkan yang berlaku seumur hidup dan tidak dapat diganggu gugat siapa pun. Sebagai warga negara yang baik kita mesti menjunjung tinggi nilai hak azasi manusia tanpa membeda-bedakan status, golongan, keturunan, jabatan, dan lain sebagainya.

Melanggar HAM seseorang bertentangan dengan hukum yang berlaku di Indonesia. Hak asasi manusia memiliki wadah organisasi yang mengurus permasalahan seputar hak asasi manusia yaitu Komnas HAM. Kasus pelanggaran ham di Indonesia memang masih banyak yang belum terselesaikan / tuntas sehingga diharapkan perkembangan dunia ham di Indonesia dapat terwujud ke arah yang lebih baik. Salah satu tokoh ham di Indonesia adalah Munir yang tewas dibunuh di atas pesawat udara saat menuju Belanda dari Indonesia.


untuk lebih lengkapnya silahkan DOWNLOAD link DISINI
More aboutMAKALAH PENDIDIKAN DAN KEWARGANEGARAAN HAK DAN KEWAJIBAN MASYARAKAT

PENELITIAN DESA NGORO JOMBANG

Posted by Unknown

PENELITIAN DESA NGORO














Nama:

DEP. PEN NAS KAB. JOMBANG

SMA N NGORO JOMBANG

NGORO 2011



i


KATA PENGANTAR

Puji syukur alkhamdulillah penulis haturkan kehadirat Allah atas karunia dan kekuatan yang diberikan sehingga Paper yang berjudul “ Penelitian Desa Ngoro ” dapat terselesaikan. Sholawat dan salam tetap tercurahkan kepada Nabi Mukhammad Saw.

Berkaitan dengan upaya penyelesaian penelitian ini, penulis menyadari sepenuhnya bahwa Paper ini tidak dapat terselesaikan tanpa adanya ispirasi, solusi dan motivasi dari berbagai pihak. Baik secara moral maupun spiritual, oleh karena itu penulis ini mengucapkan terima kasih sebesar – besarnya kepada :

1. Bapak ……………… sebagai Kepala Sekolah SMAN Ngoro.

2. Bapak ……………… sebagai Ketua Kecamatan Desa Ngoro, beserta staf – stafnya.

Penulis menyadari dalam penulisan penelitian ini jauh dari dari kata sempurna maka dibutuhkan adanya kritik dan saran yang membangun.

Semoga penulisan Paper ini bermanfaat kepada semua pihak terutama bagi penulis.

ii

Ngoro, 21 Juni 2011

DAFTAR ISI

SAMPUL DEPAN .............................................................. i

KATA PENGANTAR......................................................... ii

DAFTAR ISI ...................................................................... iii

BAB I : PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Penelitian…………………..

1.2 Fokus Penelitian ………………………….

1.3 Tujuan Penelitian …………………………

1.4 Manfaat Penelitian ……………………….

BAB II : TINJAUAN KEPUSTAKAAN

2.1 Konsep Desa …………………………….

2.2 Desa Ngoro ……………………………..

BAB III : METODE PENELITIAN

3.1 Tempat Penelitian ………………………

3.2 Waktu Penelitian ………………………

3.3 Obyek Penelitian ……………………….

iii

3.4 Alat Penelitian …………………………

3.5 Metode Penelitian ……………………

3.6 Pendekatan Penelitian ………………..

BAB IV : DISKRIPSI HASIL PENELITIAN

4.1 Keadaan Geografis Desa Ngoro …….

4.2 Kondisi Masyarakat Desa Ngoro …….

a) Sistem Kekerabatan ………………..

b) Sistem Bahasa …………………….

c) Sistem Religi ……………………….

d) Sistem ekonomi …………………

e) Organisasi Sosial Desa Ngoro ……

f ) Pendidikan Desa Ngoro ………….

4.3 Potensi Desa Ngoro …………………

1) Sumber daya alam ………………..

2 ) Ekonomi …………………………..

3 ) Sosial ……………………………..



iv


BAB V : PENUTUP

5.1 Kesimpulan ………………………….

5.2 Saran …………………………………

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN – LAMPIRAN

untuk lebih lengkapnya silahkan DOWNLOAD link DISINI

More aboutPENELITIAN DESA NGORO JOMBANG

MAKALAH Pengertian Ilmu Pengetahuan

Posted by Unknown

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Bicara pengetahuan maka kita akan bicara tentang penalaran, kemampuan penalaran manusia menyebabkan manusia mampu mengembangkan pengetahuan yang merupakan rahasia kekuasaan-kekuasaannya. Manusia satu-satunya mahluk yang mengembangkan pengetahuan secara sungguh-sungguh, Binatang hanya terbatas mempunyai pengetahuan untuk kelangsungan hidupnya saja (survival) Hakikat penalaran merupakan suatu proses berfikir dalam menarik kesimpulan yang berupa pengetahuan. Penalaran menghasilkan pengetahuan yang dikaitkan dengan kegiatan berfikir dan bukan karena perasaan, meskipun kata pascal, hatipun mempunyai logika sendiri. Sebagai sebuah kegiatan berfikir maka penalaran mempunyai ciri-ciri, pertama logika , adalah suatu pola berfikir yang secara luas.

Dengan pola yang bersifat Jamak (plural) dan bukan tunggal (singular). Kedua ciri penalaran adalah bersifat analitik proses berfikir ( berfikir yang menyandarkan kepada suatu analisis dan kerangka berfikir yang digunakan untuk analisis).Ilmu pengetahuan berkembang seiring dengan perkembangan kebudayaan manusia yang berlangsung secara bertahap,evolutif. Oleh karena untuk memahami strategi pengembangan ilmu,maka kita perlu mengetahui secara global sejarah perkembangan ilmu. Karena melalui sejarah perkembangan ilmu,kita dapat memahami makna kehadiran ilmu bagi umat manusia.

Perkembangan ilmu pengetahuan semakin lama semakin maju dengan munculnya ilmu-ilmu baru yang pada akhirnya memunculkan pula sub-sub ilmu pengetahuan baru bahkan ke arah ilmu pengetahuan yang lebih khusus lagi seperti spesialisasi-spesialisasi. Oleh karena itu tepatlah apa yang dikemukakan oleh Van Peursen (1985), bahwa ilmu pengetahuan dapat dilihat sebagai suatu sistem yang jalin-menjalin dan taat asas (konsisten) dari ungkapan-ungkapan yang sifat benar-tidaknya dapat ditentukan. Implikasi yang timbul menurut Koento Wibisono (1984), adalah bahwa ilmu yang satu sangat erat hubungannya dengan cabang ilmu yang lain serta semakin kaburnya garis batas antara ilmu dasar-murni atau teoritis dengan ilmu terapan atau praktis. Untuk mengatasi gap antara ilmu yang satu dengan ilmu yang lainnya, dibutuhkan suatu bidang ilmu yang dapat menjembatani serta mewadahi perbedaan yang muncul. Oleh karena itu, maka bidang filsafatlah yang mampu mengatasi hal tersebut. Hal ini senada dengan pendapat Immanuel kant (dalam Kunto Wibisono dkk., 1997) yang menyatakan bahwa filsafat merupakan disiplin ilmu yang mampu menunjukkan batas-batas dan ruang lingkup pengetahuan manusia secara tepat. Filsafat ilmu sebagai cabang filsafat menempatkan objek sasarannya Ilmu (Pengetahuan). Bidang garapan filsafat ilmu terutama diarahkan pada komponen-komponen yang menjadi tiang penyangga bagi eksistensi ilmu yaitu ontologi, epistemologi dan aksiologi. Interaksi antara ilmu dan filsafat mengandung arti bahwa filsafat dewasa ini tidak dapat berkembang dengan baik jika terpisah dari ilmu. Ilmu tidak dapat tumbuh dengan baik tanpa kritik dari filsafat.

1.2 Rumusan Masalah

Dilihat dari latar belakang di atas maka rumusan masalah pada makalah ini adalah :

1.Apa pengertian ilmu?

2.Apa saja objek ilmu pengetahuan?

3.Darimana sumber ilmu pengetahuan?


untuk lebih lengkapnya silahkan DOWNLOAD link DISINI

More aboutMAKALAH Pengertian Ilmu Pengetahuan