ANTARA PSIKOLOGI PERKEMBANGAN DAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Posted by Unknown on Rabu, 26 Oktober 2011

ANTARA PSIKOLOGI PERKEMBANGAN

DAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN

A. Pendahuluan

Sejarah mencatat psikologi perkembangan telah dikaji, ditelah oleh para pakar psikologi dalam memberikan pengertian sebagai disiplin ilmu yang mempunyai metodologis yang sistematis dalam artian memiliki tahapan-tahapan tertentu untuk mencapai hasil tertentu sesuai harapan ilmu tertentu. Dalam memperoleh hasil dari suatu kajian, pastinya para pakar khususnya bidang psikologi di pengaruhi oleh wawasan pemikiran berupa latar belakang pendidikan, tingkat kecerdasan, kondisi sosial budaya yang ada pada diri pakar psikologi dalam menyusun suatu konsep.

Dengan demikian kelompok kami bermaksud menelaah kajian psikologi perkembangan yang diarahkan pada tema pembahasan “ Antara Psikologi Pendidikan Dan Psikologi Perkembangan ” meliputi:

a. Psikologi perkembangan.

b. Ruang lingkup kajian psikologi perkembangan,

c. Prinsip - prinsip utama dalam psikologi perkembangan,

d. Manfaat psikologi perkembangan dalam studi psikologi pendidikan

Teorisasi yang kami ambil dalam membuat makalah ini meliputi konsep pengertian psikologi perkembangan, Ruang lingkup kajian psikologi perkembangan, Prinsip - prinsip utama dalam psikologi perkembangan, manfaat psikologi perkembangan dalam studi psikologi pendidikan. dalam konsep pengertian psikologi perkembangan kami melihat teori Abdul Majib, M.Ag, dalam bukunya Nuansa – Nuansa Psikologi dan teori – teori para pakar psikologi dan ruang lingkup psikologi perkembangan adalah teori kognitif dan teori psikodinamik, dengan di hubungkan bentuk dari psikologi perkembangan berupa perubahan psikis terdapat penggolongan antara perubahan psikis yang masuk dalam katagori kognitif dan perubahan psikis yang masuk dalam katagori psikodinamik melihat konsep desmita ( pendidikan S2, bidang Psikologi Perkembangan, Unpad Bandung ) dan Prinsip - prinsip utama dalam psikologi perkembangan melihat teori Syamsu Yusuf dan manfaat psikologi perkembangan dalam studi psikologi pendidikan melihat banyak beberapa teori. semuanya itu sebagai konsep – konsep yang bersifat umum, akan tetapi memiliki sifat khusus sebagai landasan berfikir kami dalam menyusun makalah ini dengan maksud merekontruksi konsep pemikiran mengenai psikologi perkembangan dengan cara melakukan klasifikasi, katagori pokok – pokok sehingga dapat di susun makalah ini.

Tak terlepas dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan baik dari pendekatan penelitian, bahasa penulisan, keilmuan, karna kami menyadari masih dalam obyektifitas batas kemampuan kami yang banyak membutuhkan penyempurnaan.

B. Pembahasan

a. Pengertian Psikologi Perkembangan

Psikologi dari bahasa yunani kuno psyche dan logos, psyche artinya jiwa dan logos artinya kata. Jadi dalam arti bebas psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa/mental. psikologi tidak mempelajari jiwa/mental secara keseluruhan karena sifatnya yang abstrak, tetapi psikologi membatasi pada manifestasi dan ekspresi dari jiwa/mental tersebut yakni berupa tingkah laku dan proses atau kegiatanya, sehingga psikologi dapat didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku dan proses mental. Psikologi adalah ilmu yang luas dan ambisius, dilengkapi oleh biologi dan ilmu saraf pada perbatasanya dengan ilmu alam dan dilengkapi oleh sosiologi dan antropologi pada perbatasanya dengan ilmu social.[1]

Ahli ilmu khususnya ahli bidang psikologi terhadap pertanyaan “ apakah perkembangan itu” mempunyai jawaban yang berbeda-beda, akan tetapi betapapun berbeda-beda jawaban para ahli psikologi , namun semuanya mengakui bahwa perkembangan itu adalah suatu perubahan, perubahan kearah yang lebih maju, lebih dewasa. Secara teknis , perubahan tersebut biasanya disebut proses. Jadi pada garis besarnya para ahli sependapat, bahwa perkembangan itu adalah suatu proses. Suatu denifisi yang relevan dikemukakan oleh Monks bahwa perkembangan psikologis merupakan suatu proses yang dinamis , dalam proses tersebut sifat individu dan sifat lingkungan menentukan tingkah laku apa yang akan menjadi aktual dan terwujud .[2]

Dari kedua pengertian tersebut ( psikologi dan perkembangan ) menurut hemat kami bahwa psikologi perkembangan adalah salah satu bidang ilmu jiwa yang memfokuskan kajian mengenai perubahan tingkah laku dan proses perkembanganya terhadap diri manusia dari masa permulaan sampai masa akhir yang didalam setiap masa memiliki karakteristik tertentu.

Untuk lebih terarah kita lihat pendapat beberapa pakar ahli bidang psikologi :

1. Samsunuwiyati mendenifisikan psikologi perkembangan adalah cabang dari psikologi yang mempelajari secara sistematis perkembangan perilaku manusia secara ontogenetik, yaitu mempelajari proses – proses yang mendasari perubahan – perubahan yang terjadi didalam diri, baik perubahan didalam struktur jasmani, perilaku, maupun fungsi mental manusia sepanjang rentang hidupnya ( life-span ), yang biasanya dimulai sejak konsepsi hingga menjelang mati.[3]

2. Alisuf Sabri mendenifisikan psikologi perkembangan adalah suatu ilmu yang merupakan bagian dari psikologi. Dalam ruang lingkup psikologi, ilmu ini termasuk psikologi khusus, yaitu psikologi yang mempelajari kekhususan dari pada tingkah laku individu.[4]

b. Ruang Lingkup Kajian Psikologi Perkembangan

Ruang lingkup adalah batasan, isi dari suatu bahasan. Dalam hal ini dihubungkan dengan psikologi perkembangan. Psikologi perkembangan menurut denifisinya, hemat kami terdapat satu kunci yang menjadi bahasan utama, ruang lingkup kajian yaitu perubahan tingkah laku dalam proses perkembangan manusia,

Perubahan dalam diri manusia terdiri atas dua macam yaitu perubahan fisik dan perubahan psikis, meminjam istilah Abdul Majib adalah perubahan kualitatif ( perkembangan psikis ) dan perubahan kuantitatif ( pertumbuhan fisik )[5].

Dalam psikologis perkembangan perubahan psikis lebih diarahkan karna berhubungan dengan jiwa yang mempunyai sifat abstrak ( tidak terlihat secara materi ) walaupun disadari perubahan fisik sedikit banyak berkorelasi dengan perubahan psikis.

Realita menjawab bahwa setiap perubahan psikis memiliki karakteristik tertentu karna sifatnya yang berubah dari tahap satu ketahap yang lain, dan perubahan psikis dalam bentuknya yang terdiri dari beberapa perkembangan tidak terjadi secara bersamaan adanya perubahan psikis, melainkan melihat perubahan fisik sebagai tolak ukur adanya salah satu dari perkembangan psikis lebih dahulu membangun perubahan dalam tahap perubahan fisik. Seperti tahapan perubahan fisik pada anak di bawah 3 tahun mempunyai karakter perkembangan psikis ( perubahan tingkah laku ) adalah perkembangan bahasa.
UNTUK LEBIH LENGKAPNYA SILAHKAN DOWNLOAD DISINI


[1] Drs. H. Abu Ahmadi, dkk, Psikologi Belajar, Jakarta, Reneka Cipta, 2004,h,1.

[2] Dr.f.J.Monks,Dr.A.M.P.Koers, Ontwikkelings Psychologie Inleiding Tot De Verschillende Deelgebieden, alih bahasa Siti Rahayu Haditomo, Psikologi Perkembangan Pengantar Dalam Berbagai bagianya, yokyakarta, Gajah Mada University Press, 2006, h 2.

[3] Prof. Dr. H. Samsunuwiyati Mar’at, S.Psi dalam Desmita, Psikologi perkembangan, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2005: 3.

[4] Drs. M. Alisuf Sabri, Pengantar Psikologi Umum dan Perkembangan, Jakarta, CV. Pedoman Ilmu Jaya, 2001, , hlm. 133. Diedit dalam http://antoniyuzar.wordpress.com

[5] Abdul Majib, M.Ag, Nuansa – Nuansa Psikologi, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2002: 92. Hemat kami Istilah perkembangan dalam psikologi merupakan sebuah konsep yang komplek, menurut bahasa perkembangan mempunyai persamaan dengan konsep lain yang terkandung di dalam artinya yaitu pertumbuhan, kematangan, dan perubahan, lihat lebih lanjut . Desmita, Psikologi Perkembangan, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2005. Drs. Sumadi Suryabrata, Ed.S, Ph.D, MA, Psikologi Pendidikan, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada, 1998.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar